5 Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi 100% Berhasil

Malangtekno.net – Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi. Fitur Keamanan yang diusung oleh ponsel cerdas, semakin lama tampaknya semakin canggih saja. Dahulu, di era feature phone, sistem keamanan pengunci keypad sudah dapat dikatakan cukup untuk memenuhi stadar sistem keamanan. Sampai akhirnya munculah smartphone seperti BlackBerry yang menggunakan sistem keamanan password untuk mengunci ponsel.

Setelah itu pada masa boomingnya Android sistem keamanan yang paling populer adalah penggunan pola. Hingga akhirnya pada saat ini munculah fitur sistem keamanan paling mutakhir dan tentunya dapat dikatakan lebih canggih, yakni fingerprint sensor. Sebagai sistem keamanan paling mutakhir, fitur fingerprint sensor tampaknya sudah menjadi stadar sistem keamanan smartphone terbaru saat ini.

Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi

5 Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi 100% Berhasil

Bahkan hp Android murah dengan harga 1 jutaan saja sudah dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari tersebut. Tidak ingin kalah bersaing dengan produsen teknologi lainnya, ternyata Samsung juga sudah banyak meluncurkan hp Android yang dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari. Dimana fitur tersebut akan menjaga keamanan privasi pengguna hp Android Samsung.

Kehadirannya sebagai smartphone Android multiguna, membuatnya selalu digemari oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Dengan menggunakan hp Android tentu kita dapat melakukan berbagai aktivitas dunia maya dengan mudah. Karena memang fitur serta kinerja yang terdapat pada smartphone dapat menggantikan fungsi perangkat komputer.

Mungkin saat ini kita sering mendengar kerusakan smartphone Android terutama pada sistem keamanan yang satu ini. Bagaimana tidak, mengingat meratanya fitur ini pada hampir semua smartphone kelas menengah keatas. Membuat setiap pengguna dari berbagai usia dapat menggunakan fitur ini.

loading...

Nah, buat kamu pengguna hp Android Samsung yang mengalami masalah kerusakan pada fitur fingerprint sensor, maka Kamu harus mengetahui bagaimana Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi atau error. Namun sebelum kita membahas solusinya lebih rinci, ada baiknya bila telebih dahulu kita mengetahui apa penyebab kerusakan fingerprint hp Android Samsung.

Penyebab Fingerprint Hp Samsung Android Tidak Berfungsi atau Error

1. Terkena Gesekan

Pada umumnya yang sering terjadi karena terjadinya gesekan dengan benda lain terlebih lagi saat kita menaruh pada Saku. Disamping itu tanpa sadar kita yang suka prak-prok sembarangan meletakkan smartphone. Hal ini tentunya akan membuat sensor sidik jari mengalami gesekan yang mengakibatkan kerusakan. Maka dari itu taruh smartphone Kamu pada tempat khusus.

2. Merekam Data Sidik Jari Terlalu Banyak

Menariknya lagi sensor sidik jari ini dapat menyimpan banyak macam bentuk jari. Namun bukan berarti harus terlalu over mendaftarkan jari, karena setiap jari akan disimpan kedalam memori ponsel. Maka agar tidak terjadi penumpukan sidik jari berlebihan, sebaiknya cukup gunakan dua jari saja. Karena hal ini juga menjadi penyebab tidak berfungsinya Fringerprint.

3. Penggunaan Saat Jari Basah

Setelah melakukan aktivitas, terlebih jika tangan kita dalam keadaan basah. Sebaiknya jangan menyentuh smartphone apalagi pada bagian fitur fingerprint sensor. Karena hal ini dapat menyebabkan fitur tersebut tidak berfungsi atau membaca sidik jari dengan baik, karena terhalang oleh air. Usahakan sebelum menggunakan smartphone keringkan tangan Kamu terlebih dahulu.

4. Penggunaan Saat Tangan Kotor

Bukan hanya tangan basah, tangan dalam keadaan kotor pun juga dapat mempengaruhi kinerja fingerprint smartphone menjadi lebih buruk. Terlebih lagi buat kamu yang tangannya sering berkeringat. Jika hal ini dilakukan biasanya fingerprint tidak akan dapat membaca sidik jari Kamu. Oleh karena itu bersihkan dahulu tangan kamu sebelum menggunakan ponsel.

Itu tadi beberapa penyebab Fringerprint sensor tidak berfungsi atau error. Nah sekarang kita lanjut dengan Bagaima cara mengatasi kerusakan Fringerprint yang terjadi pada Samsung, berikut penjelasannya untuk Kamu.

Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi / Error

5 Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi 100% Berhasil

1. Restart Smartphone

Bila Kamu pengguna smartphone yang tidak terlalu paham akan perbaikan secara teknis, maka sebaiknya lakukan langkah mudah terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan restart atau reboot smartphone terlebih dahulu. Cara ini akan lebih baik lagi jika kamu juga melepas baterai smartphone, microSD dan juga kartu SIM. Namun jika smartphone Kamu menggunakan baterai non-removable maka lepaskan memori dan kartu SIM saja.

2. Bersihkan Cache Aplikasi Fringerprint

Untuk menyimpan data sidik jari pengguna, terdapat aplikasi fingerprint pada smartphone Samsung. Tak jauh berbeda dengan aplikasi lain, aplikasi ini juga menyimpan cache yang berfungsi untuk mempercepat pemindaian sidik jari. Oleh karena itu saat Kamu menempelkan jari kamu pada tombol Home, maka smartphone akan langsung mengenali kamu secara cepat.

Namun terkadang cache tak selamanya berguna dengan baik pada aplikasi. Bisa jadi penyebab fingerprint hp Samsung Galaxy error atau tidak berfungsi adalah cache yang menumpuk terlalu banyak. Oleh karena itu bersihkan cache secara berkala.

Cara membersihkan cache aplikasi fingerprint sangat mudah, pertama masuk pada menu Settings > Application Manager > All. Kemudian pilih Fingerprint dan pilih Clear Cache.

Baca Juga:

3. Menghapus Data Fringerprint

Penumpukan data sidik jari pada aplikasi fingerprint tentu juga dapat menghambat kinerja dari fingerprint sensor hp Samsung Galaxy. Hal ini biasanya dikarenakan perekaman data sidik jari yang terlalu berlebihan. Idealnya untuk merekam sidik jari hanya dua jari saja.

Oleh karena itu Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi yang ketiga ini adalah dengan menghapus semua data sidik jari yang terekam pada aplikasi fingerprint. cara menghapus data sidik jari di aplikasi fingerprint Samsung Galaxy tentu sangat mudah. Masuk menu Settings tersebih dahulu > Application Manager > All > Fingerprint > Clear Data.

Jika data sidik jari sudah terhapus, selanjutnya Kamu harus melakukan perekaman sidik jari ulang pada aplikasi fingerprint, agar keamanan smartphone Samsung Android kamu dapat terjaga.

4. Menghapus Data Fringerprint Setelah di Root

Melakukan root, tidak selamanya membuat kinerja smartphone menjadi lebih baik. Terkadang ada saja masalah yang membuat bagian ponsel menjadi error, apalagi jika ada kesalahan dalam melakukan root. Seperti halnya terdapatnya masalah pada fitur fingerprint setelah melakukan root, misalnya saja fingerprint menjadi tidak berfungsi.

Hal ini biasanya disebabkan oleh penumpukan data setelah melakukan root pada aplikasi fingerprint. Untuk mengatasi hal ini tentu tidak sama dengan tips yang sebelumnya. Karena kamu harus menghapus data dengan menggunakan aplikasi Titanium Backup.

Instal terlebih dahulu aplikasi Titanium Backup lalu berikan akses root. Kemudian Kamu buka aplikasi tersebut dan silahkan menuju tab Backup/Restore > Fingerprint Setelah itu pilih Wipe Data dan tekan OK.

5. Melakukan Factory Reset

Solusi terakhir jika cara memperbaiki fingerprint error pada hp Samsung Galaxy diatas tidak juga berhasil, maka kamu harus melakukan factory reset. Langkah ini dilakukan agar sistem pada hp Samsung Galaxy Kamu kembali seperti baru keluar dari pabrikan.

Namun sebelum kamu melakukan Langkah ini, pastikan kamu sudah melakukan backup data smartphone yang kamu anggap penting. Langkah-langkah melakukan factory reset, pertama kamu masuk pada menu Settings > Backup & Reset > Factory Data Reset > Reset Device dan hapus semua data.

Dengan melakukan 5 tips dan Cara Ampuh Mengatasi Fingerprint Samsung Tidak Berfungsi diatas, sudah pasti fitur keamanan fingerprin hp Samsung kamu akan kembali normal. Akan tetapi jika memang masih mengalami masalah atau masih error, kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan oleh hardware.

cara perbaiki finggerprint polytron, memperbaiki hall sensor pada smartphone

loading...