Daya ingat apa yang paling membekas dalam hidupmu?

Apa pun daya ingat yang paling menempel di otak kamu, entahlah itu baik atau jelek, jangan pernah hilang oleh karena itu yang akan membuat jati dirimu.

Tetapi, bila kamu punyai daya ingat yang menggelisahkan, pasti kamu akan cari langkah untuk melupakannya. Akhir-akhir ini, ada penemuan tehnologi hebat yang bisa merekayasa daya ingat.

Terhitung lupakan daya ingat yang tidak mau kamu ingat . Tidak cuma itu, ada banyak yang dapat dikerjakan oleh tehnologi kecurangan daya ingat.

Yuk, baca keterangan sedetailnya di bawah ini!
Tehnologi Kecurangan Daya ingat Manusia Diketemukan
Daya ingat atau ingatan adalah peranan kognisi dari otak yang akan ambil info dari semua indra pada tubuh lalu disimpan.

Bentuk dari daya ingat ini tidak bisa disaksikan oleh mata telanjang, tetapi dapat dilukiskan jadi signal yang tersimpan dalam saraf otak.

Tiap kamu mendapatkan rangsangan dari beberapa indra, maka dialirkan ke otak serta proses seterusnya bisa dikerjakan.

Proses ini dikerjakan dengan cepat sekali, biasanya pesan yang diantar ke otak lewat saraf melejit dalam kecepatan 274 km. /jam.

Pesan lalu akan tersimpan di sejumlah sel sebagai sisi dari hippocampus otak. Daya ingat yang disimpan ini dapat kadang-kadang ‘hilang’, hingga berlangsung yang namanya lupa.
Diambil dari Scientific American, ada dua skema ingatan dalam otak manusia yakni ingatan periode pendek serta periode panjang.

Bisa Yang Kesulitan Melupakan Kenangan Indah Mantan? ini loh Ada Teknologi Memanipulasi Otak Manusia

Bisa Yang Kesulitan Melupakan Kenangan Indah Mantan ini loh Ada Teknologi Memanipulasi Otak Manusia
Bisa Yang Kesulitan Melupakan Kenangan Indah Mantan ini loh Ada Teknologi Memanipulasi Otak Manusia

Ingatan periode pendek akan mengingat dengan detil dalam waktu yang hanya terbatas, sedang ingatan periode panjang akan menaruh daya ingat lama tetapi tidak detil.

Sayangnya, daya ingat manusia hanya terbatas serta kelihatannya akan tergantikan oleh daya ingat baru. Itu fakta kamu kadang lupa apa yang dikerjakan minggu lalu dalam tempo yang detil.

Tetapi, ini belum dapat dibuktikan dengan mutlak, faktanya kamu dapat mengingat hal yang berada di waktu dulu dengan acak.

Apa Daya ingat Manusia Bisa Dimanipulasi?
Info mengenai langkah kerja otak manusia memang susah serta bisa setiap saat beralih. Keterangan mutlak mengenai daya ingat manusia ialah satu misteri.

Akhir-akhir ini, ada beberapa penemuan mengagetkan dari beberapa ilmuan yang bisa merekayasa otak dengan memakai laser.

Ini diterangkan oleh jurnalis Vice waktu mengulas mengenai riset daya ingat yang dikerjakan oleh Steve Ramirez serta almarhum Xu Liu.

Periset ini mengaku bisa memberikan false memory alias daya ingat bikinan pada otak tikus. Berarti kecurangan buat otak manusia juga bisa dikerjakan.

Baca keterangan mengenai kecurangan otak yang bisa diaplikasikan pada manusia, di bawah ini:

Ramirez serta Liu awalannya berusaha untuk memberi daya ingat yang sudah pernah dirasa oleh tikus. Mereka memberi setruman hingga tikus merasakan ketakutan serta mengingatnya.

Kemudian, mereka tembakkan laser pada unduk-unduk tikus dengan keyakinan sinar yang dibuat laser bisa mengaktivasi beberapa sel tersendiri.

Nyatanya benar, sang tikus bertingkah ketakutan yang sama waktu disetrum. Bila riset ini ditingkatkan selanjutnya, karena itu semestinya bisa diaplikasikan pada manusia.

Untuk rasakan hal sama di waktu lampau, menarik bukan bila kamu dapat rasakan perasaan indah waktu saat-saat PDKT.

2. Memberi Ingatah Palsu

Tidak hanya memberi daya ingat yang telah berada di waktu lampau, ada pula memberi daya ingat atau perasaan palsu.

Riset ini dikerjakan pada tikus lewat cara disetrum pada kotak tersendiri, lalu tembakkan laser pada otak tikus dengan bertepatan.

Esok harinya sang tikus diletakkan di kotak yang lain. Hasilnya, sang tikus masih rasakan ketakutan seperti disetrum pada kotak dulu.

Ini dapat diaplikasikan pada juga manusia, dimana kamu bisa diberi rasa penyiksaan atau rasa ketagihan pada peristiwa serta tempat tersendiri.

Bila kamu ada pada peristiwa yang sama di waktu mendatang, karena itu perasaan itu akan ada kembali.

3. Hilangkan Daya ingat
Tehnologi kecurangan memang terdengar seram, sama dengan hilangkan daya ingat satu orang atau lebih persisnya menukar daya ingat.

Sama dengan memberi daya ingat palsu, langkah untuk meniadakan daya ingat manusia ialah tempatkan daya ingat lain yang akan menggnatikan daya ingat tersendiri.

Beberapa riset mengatakan jika pemakaian propranolol dapat menghalangi rangsangan pada norepinephrine yang memberi ‘rasa’ pada manusia.

Misalnya kamu alami rasa trauma dengan bekas di toko kue yang membuat kamu jadi jengkel serta jantung berdebar-debar.

Dengan memakai propranolol dengan berkali-kali, rasa jengkel itu akan menyusut sampai tidak berasa benar-benar.

Ini juga diakui dapat kurangi rasa trauma yang terlalu berlebih. Daya ingat tidak bisa dihapus, tetapi kesan-kesan akan daya ingat itu dapat hilang serta diganti dengan perasaan yang lain.

Tetapi, beberapa riset sedang ditingkatkan selanjutnya untuk kecurangan daya ingat semacam ini.

4. Hilangkan Phobia

Setelah itu hilangkan phobia yang dipunyai. Riset yang dikerjakan pada tikus, menunjukkan jika phobia bisa di hilangkan dengan mengulang kembali trauma.

Ramirez lakukan riset pada tikus dengan dikit menyetrumnya di kotak tersendiri. Hingga tikus itu tetap merasakan ketakutan waktu ada di kotak.

Tetapi, sesudah Ramirez menembakan laser ke sisi tersendiri otak tikus dengan daya ingat takut yang sudah pernah dihadapi tikus itu.

Hasilnya, tikus itu tidak merasakan ketakutan waktu diletakkan persis di kotak tempat dia disetrum.

Ini dapat diaplikasikan untuk manusia, siapa tahu kamu bisa hilangkan rasa takut atau phobia dalam tempo yang singkat.

Kamu juga dapat hilangkan phobia itu lewat cara mengulang-ulang kembali insiden pertama yang mengakibatkan kamu phobia.

Misalnya terbenam di laut, coba untuk menyelam bersama dengan pendamping berkali-kali. Bila kamu bisa mengerjakannya, makin lama phobia itu akan hilang.

5. Membuat Daya ingat Super

Paling akhir ialah kembalikan daya ingat yang sudah ‘hilang’. Mungkin ini terdengar tidak mungkin serta hanya ialah imajinasi semata.

Kenyataannya dapat, geng. Setidakanya ini dipercayai oleh Theodore Berger, seseorang profesor tehnik biomedis serta neuroscience di University of Southern California.

Dia memercayai jika daya ingat yang tersimpan di otak berbentuk daya ingat jangak pendek bisa dirubah jadi daya ingat periode panjang.

Ini dikerjakan dapat dikerjakan dengan memakai alat tersendiri hingga daya ingat detil mengenai satu hal bisa diingat dalam periode yang panjang.

Menarik bukan, bila kamu dapat mengingat beberapa hal dalam periode waktu yang lama, mungkin dapat untuk berikan motivasi hidup nantinya supaya lebih baik.

Akhir Kata
Itu ia tehnologi kecurangan daya ingat yang bisa diaplikasikan pada manusia di waktu mendatang. Tehnologi ini tentu saja dipakai unutk kebutuhan tersendiri seperti mengataasi permasalahan ingatan serta trauma.

Bisa Yang Kesulitan Melupakan Kenangan Indah Mantan? ini loh Ada Teknologi Memanipulasi Otak Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *