Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu
Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

5 Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

Posted on

Perubahan tehnologi yang cepat tidak dapat terlepas dari potensi berpikir manusia yang makin bertambah. Gizi yang baik dan pendidikan tinggi membuat manusia dapat untuk bereksperimen dalam ilmu dan pengetahuan.

Tetapi, siapa yang kira jika ada banyak tehnologi kekinian yang nyatanya diketemukan di jaman nenek moyang kita, alias kuno. Ada pula teori yang menjelaskan jika tehnologi kuno ini adalah jejak peninggalan Alien di bumi.

Memang sich, tidak hebat seperti tehnologi kekinian yang kita pakai seharian. Tetapi langkah kerjanya seperti loh, geng! Dapat disebutkan jika tehnologi kuno ini adalah cikal akan tehnologi kekinian.

Ingin tahu tehnologi kekinian apa yang telah ada semenjak jaman kuno? Baca artikel di bawah ini ya.

Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu
Teknologi Canggih Masa Kini yang Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

1. Jam

Satu diantara contoh tehnologi kekinian yang telah ada semenjak zaman kuno ialah jam. Tetapi, jam di zaman kuno tentunya tidak sehebat smartwatch atau jam elegan berlapis emas serta berlian yang berada di tanganmu saat ini.

Manusia yang hidup di jaman kuno memakai jam yang mempunyai proses sederhana namun presisi dalam menunjuk waktu. Misalnya seperti jam matahari yang memakai bayangan untuk tunjukkan waktu.

Tentunya jam yang dipakai manusia jaman kuno bukan jam memiliki ukuran kecil seperti saat ini tetapi adalah jam yang ukurannya besar sekali. Jam selalu berevolusi ikuti jaman sampai saat ini.

2. Baterai

Pada tahun 1936, seseorang pekerja rel kereta api di Baghdad temukan satu wadah unik yang terbuat dari tanah liat serta di tengahnya ada batang besi.

Arkeolog yang mempelajari benda itu mengaitkan jika wadah tanah liat tanpa ada ukiran ini adalah satu sumber daya listrik di jaman kuno. Benda ini setelah itu dinamai Baterei Baghdad.

Beberapa pakar yakin jika baterei kuno ini dipakai untuk lakukan electroplating atau aksi melapisi logam dengan logam yang lain dengan pertolongan listrik.

Dapat tidak ya untuk jadi power bank?

3. Kompas

Tahu bangsa Viking? Bangsa Viking yang datang dari Skandinavia, populer sebab sifatnya jadi pelacak, dan pelautnya yang kuat.

Pelaut yang kuat pasti tidak terlepas dari fungsi navigasi yang hebat. Pada jaman dulu, beberapa pelaut manfaatkan matahari untuk cari arah mata angin. Tetapi apa yang berlangsung saat matahari tidak kelihatan?

Dalam cerita kuno bangsa Viking, ada legenda tentang kristal ajaib yang dimaksud “Sunstone”. Kristal itu diberitakan dapat menjumpai tempat matahari.

Sunstone yang terbuat dari kristal unik itu akan memantulkan sinar yang ada lalu mencerminkannya sampai pemakainya bisa memprediksikan letak matahari.

Beberapa periset bahkan juga memiliki pendapat jika Sunstone adalah tehnologi kuno yang semakin maju dibanding kompas, serta hampir sehebat GPS yang berada di HP kita sekarang ini.

4. Reaktor Nuklir

Pada tahun 1972, satu pabrik dari Perancis mengimpor bijih uranium dari Gabon, Afrika Barat. Tetapi, kandungan uranium yang ada di dalamnya nyatanya telah diekstraksi.

Mereka setelah itu pergi ke tempat asal bijih uranium itu serta mempelajari tempat itu. Nyatanya tempat itu adalah satu reaktor nuklir rasio besar di jaman kuno.

Riset lanjut mengatakan jika tambang itu telah ada semenjak 1,8 miliar tahun waktu lalu serta diakui sudah bekerja sepanjang kira-kira 500.000 tahun.

Seseorang pakar nuklir dari US menerangkan jika ini bukan adalah kejadian alami sebab untuk membakar uranium serta membuahkan reaksi, diperlukan keadaan yang pas.

Apa menurut kamu ini pekerjaan alien atau bikinan tangan manusia di jaman itu?

5. Senjata Laser

Mungkin pemakaian senjata laser yang kita lihat sampai kini cuma berada di beberapa negara dengan tehnologi militer hebat saja. Tetapi tahu tidak jika pada tahun 212 SM, Archimedes sukses membuat senjata laser pertama?

Archimedes, seseorang matematikawan Yunani manfaatkan cahaya matahari yang dipantulkan oleh cermin berupa parabola. Disebutkan jika senjata laser bikinan Archimedes dapat membakar satu kapal Romawi.

Kanal YouTube Mythbusters coba mengikuti ini pada tahun 2004 walau tidak berhasil. Tetapi, pada tahun 2005, mahasiswa MIT, Amerika Serikat, sukses membakar satu kapal di teluk San Francisco dengan senjata laser Archimedes ini.

Wah, hebat tetapi ngeri ya, geng!

Demikian artikel Jaka tentang tehnologi saat ini yang telah ada semenjak jaman kuno. Sesudah membaca artikel ini, apa kamu meyakini jika tehnologi ini ciptaan Alien?

Belumlah ada jawaban yang tentu tentang ini, geng!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *